Metode menghitung anggaran pekerjaan aspal

Rab pengaspalan sangat dibutuhkan bagi orang yang akan membangun jalan. Maka dari itu cara penghitungan biaya pengaspalan dianggap cukup rumit karena memerlukan beberapa tahapan mulai dari mobilisasi hingga upah kerja.

jasa pengaspalan


Cara Menghitung Biaya Pengaspalan Jalan

Tahapan dalam proses pembangunan jalan umum bagian menjadi beberapa fokus yaitu pengukuran, pembuatan badan jalan, pembentukan, pembersihan dan urug timbun serta pemadatan. Selanjutnya masuk ke tahapan pembuatan pondasi awal dan lapisan bawah.

Mobilisasi

Dalam semua proyek mobilisasi alat adalah pekerjaan utama Mobilisasi sendiri merupakan tahapan pengadaan alat pendukung seperti halnya alat berat,agar masuk ke lokasi pekerjaan Pastinya kebutuhan seperti ini harus direncanakan dari awal karena cukup memakan biaya.

Dalam proses pengerjaan pengaspalan yang skala besar, biasanya akan memerlukan alat berat yang akan disesuaikan pada kebutuhan konstruksi . Beberapa contohnya seperti double drum, tandem roller, dum truck, pneunematic roller dan lain-lainnya. Maka dari itu, gunakan jasa pengaspalan terbaik.

Biaya Sub base

Dalam menghitung biaya sub base  akan dihitung menggunakan rumus berikut:

Biaya Sub Course = tebal lapisan x lebar x panjang x faktor loss

Sementara untuk base course atau lebih dikenal dengan pondasi bawah, perlu dihitung menggunakan rumus berikut:

Biaya Kursus Dasar = (Tebal Rata-rata/ 2) x Luas

Biaya Cor Tack Coating dan Aspal Hotmix

Cor track merupakan tahapan cor pengaspalan yang dihitung untuk menentukan berapa jumlah kebutuhan lapisan atas permukaan, dengan rumus sebagai berikut:

Biaya Cor Tack Coating = panjang x lebar x koefisien

Sementara berikutnya yakni kebutuhan jumlah aspal hotmix yang bisa Anda hitung dengan rumus berikut ini:

Biaya aspal hotmix = luas x tebal x BD ( bulk densitas)

Setelah semua perhitungan aspal selesai ke tahap penentuan jumlah biaya aspal hotmix, Anda dapat melanjutkan dengan menghitung upah pekerja. Mengingat bahwa semua proses pengaspalan harus dilakukan oleh para profesional sehingga mereka pun tentunya juga memerlukan upah tenaga kerja.

Intinya, saat menghitung biaya pengaspalan jalan memang dibutuhkan ketelitian khusus.


Referensi

jasa aspal

kontraktor jasa pengaspalan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspal Hotmix material utama dalam pekerjaan pengaspalan